,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,Welcome to My Ordinary Blog,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Jumat, 01 November 2013

Arti Porosan didalam Canang Sari

            Guys... waktu gue pulang kampung nih, gue disuruh membantu orang-orang dirumah. Salah satu kerjaan yang gue dapet yaitu membuat porosan. Nahh.. dari sini lah gue penasaran banget tentang porosan itu sendiri.

            Menurut sumber yang gue dapet nih. Porosan itu merupakan salah satu komponen penting yang harus ada ketika kita membuat canang sari bagi umat hindu. Kalian tentu tahukan apa itu canang sari??, canang sari merupakan sesajen umat hindu untuk di haturkan kepada dewa-dewi pelindung dan Ida Shang Hyang Widhi Wasa (alias Tuhan YME bagi umat hindu). Porosan itu sendiri terbuat dari daun base (daun sirih), pamor (kapur), daun kayu , dan gambir. Pada jaman dulu daun sirih digunakan untuk menghormati para tamu, hingga sekarang pun peranan daun sirih dalam upacara di Bali masih sangat penting keberadaannya.
            
                Menurut tetua di kampung gue nih, di dalam canang sari itu harus ada porosan supaya ada yang 'maosin' atau 'ngeraos'  kepada kita. Sebenernya gue juga enggak ngerti maksud mereka, tapi kalau dilihat dari arti kata, maosin atau ngeraos memilki arti 'berbicara'.  Jadi dapat kita simpulkan, porosan merupakan penghormatan kita kepada seseorang supaya orang tersebut atau masyarakat sekitar mau berbicara atau menerima keberadaan kita.

              Gitu sih menurut sumber dan pemikiran gue. Bagi kalian yang baca blog gue ini dan mungkin lebih tahu tentang arti porosan di Bali, gue minta maaf kalau seandainya pendapat gue agak melenceng. Bagi yang tau arti porosan yang lebih komplit, lo bisa comment disini, gue seneng banget kok kalau ada orang yang memberi tahu kesalahan gue. Hehehehehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar