,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,Welcome to My Ordinary Blog,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Senin, 25 Maret 2013

Hubungan Sopan Santun dengan Harga Diri


SOPAN SANTUN
DENGAN
HARGA DIRI


Terkait dengan harga diri seseorang, mengapa kita harus menjaga sopan santun dalam pergaulan sehati-hari??. Pertama-tama apakah kalian tahu apa itu harga diri??. Harga diri itu bukanlah harga barang seperti kita berbelanja ke mall atau ke pasar yang dapat dibayar dengan uang atau benda lainnya, tetapi harga diri itu adalah sesuatu yang sangat berharga bagi seseorang yang lebih berharga dari emas atau harta benda lainnya. Harga diri sangatlah berpengaruh terhadap kedudukan seseorang di dalam bermasyarakat dan lingkungannya. Harga diri dapat menentukan apakah orang tersebut layak di hormati atau tidak. Karena pada dasarnya harga diri seseorang berbeda-beda tergantung perilaku seseorang yang ditunjukkan pada lingkungan sekitarnya.  Dapat diartikan bahwa 
harga diri  menggambarkan sejauhmana individu tersebut menilai dirinya sebagai orang yang memeiliki kemampuan, keberartian, berharga, dan kompeten, atau penilaian individu terhadap kehormatan diri, melalui sikap terhadap dirinya sendiri yang sifatnya implisit dan tidak diverbalisasikan.   
Harga diri dapat kita tingkatkan melalui perilaku yang kita cerminkan kepada orang lain dalam kehidupan sehari-hari, salah satu contohnya  yaitu dengan cara bersopan-santun, karena perilaku yang sopan dan santun  dalam pergaulan sehari-hari mencerminkan watak dan harga diri yang tinggi dan hal itu juga akan mempengaruhi lingkungan orang tersebut. Misalnya, kita melihat seorang siswi yang bersekolah dengan pakaian yang ketat dan tidak rapi kita pasti akan berpikir “iiihh,,, nie anak lho, kok kayak gitu sihh dia mau sekolah?? sekolah kan untuk belajar bukan bergaya engga jelas kayak gitu. Issshh,,,.” Pasti kita dengan spontan akan berkata seperti itu dalam hati. Tetapi jika kita berpakaian yang sopan, rapi, dan sesuai dengan keadaan sekitar, orang-orang pasti akan berpikiran yang positif tentang kita, karena dari cara kita berpakaian dan berperilaku dapat meningkatkan harga diri dan martabatkan kita di masyarakat.
Selain itu hal lain yang dapat kita pakai untuk menilai seseorang adalah dari cara seseorang tersebut berbicara. Berbicara merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari semua orang karena berbicara merupakan sebuah media komunikasi yang kita gunakan sehari-hari. Berbicara juga memiliki kaidah atau tata aturannya sendiri menurut tingkat dan kelas social atau dibedakan dengan siapa kita berbicara. Sopan santun ini sangatlah perlu kita kuasai agar kita tidak dinilai oleh orang lain bahwa kita tidak tahu aturan dan sopan santun berbicara. Seseorang yang berbicara sembarangan dan tidak memperhatikan aturan berbicara yag benar, masyarakat setempat akan merendahkan nilai pribadi atau harga diri orang tersebut. Biasanya orang sering kali menilai orang lain dalam hal berbicaranya. Jika ada seseorang yang berbicara dengan intonasi keras sering kali mendapat cap kuarng sopan atau sebagainya. Berbicara dengan memakai kata-kata yang cenderung jorok dan kasar  dapat memperoleh predikat tidak tahu soan santun dan mendapat nilai negative dari orang lain. Sering kita melihat orang lain sangat dihargai oleh banyak orang karena orang tersebut pintar sekali berbicaranya. Bukan karena suka memuji atau merayu dengan kalimat gombal namun karena orang tersebut sangat memahami sopan santun dalam tata cara berbicara.
Jadi dengan berperilaku yang baik, berpakaian yang baik, dan tutur bahasa yang baik, kita dapat meningkatkan harga diri kita atau paling tidak membuat penilaian orang lain positif terhadap diri kita. Sehingga terkait dengan harga diri, berperilaku yang sopan dan santun sangat di butuhkan dalam pergaulan atau kehidupan sehari-hari kita dalam meningkatkan kedudukan di masyarakat sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar